"Dream as if you'll live forever. Live as if you'll die today"

-James Dean-

Selasa, 18 Maret 2014

Tips Mengatasi Nyeri Haid (Dismenorrhea)

Assalamu'alaikum,
Mau bagi tips buat kalian yang sering ngalamin sakit saat Haid atau disebut dengan Dismenorrhea, iitu istiah kedokterannya, saya mau bagi tips yang saya dapat dari berbagai sumber juga, tapi saya cuma mau narik kesimpulan pentingnya aja ya buat para wanita yang masih ngalamin sakit pas awal haid. Nyeri haid itu dirasakan pada perut bagian bawah terus nyebar ke punggung atau bagian dalam paha. Gejala-gejala lain yang dapat menyertai antara lain mual, muntah, sakit kepala, cemas, gelisah, diare, pingsan, dan perut kembung. apa itu yang dirasain kalian juga???

Ada banyak hal yang dapat dilakukan mulai dari hal yang sederhana, pemakaian obat-obatan, sampe terapi hormonal. ini dia beberapa tips buat mencegah nyeri saat haid :
  1. Olahraga ringan saat haid, tapi hindari olahraga berat.
  2. Hindari konsumsi alkohol, kopi, dan juga coklat karena dapat meningkatkan kadar estrogen yang nantinya dapat memicu lepasnya prostaglandin. Hindari juga makanan bersuhu dingin misalnya es krim.
  3. Konsumsi vitamin E, vitamin B6, atau minyak ikan.
  4. Konsumsi sayuran dan buah-buahan serta makanan rendah lemak.
Beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk mengatasi sakit perut saat haid :
  • Kompres dengan botol panas (hangat) tepat pada bagian yang terasa kram (bisa di perut atau pinggang bagian belakang)
  • Mandi air hangat, boleh juga menggunakan aroma terapi untuk menenangkan diri
  • Minum minuman hangat yang mengandung kalsium tinggi
  • Mengosok-gosok perut/pinggang yang sakit
  • Ambil posisi menungging sehingga rahim tergantung ke bawah. Ini bisa membantu relaksasi
  • Tarik napas dalam-dalam secara perlahan untuk relaksasi.
Obat-obatan yang digunakan harus atas pengawasan dokter. Boleh minum analgetik (penghilang rasa sakit) yang banyak dijual di toko obat terutama yang mengandung antara lain asam mefenamat, ibuprofen, diclofenac sodium atau naproxenen dalam komposisi obat, asal dosisnya tidak lebih dari 3 kali sehari. Apabila penggunaan obat-obatan analgesik tidak berhasil maka dapat dilakukan terapi hormonal sesuai ajuran dokter. Bila keluhan nyeri dapat dihilangkan dengan cara sederhana maka kita bisa menghindari  penggunaan obat-obatan karena obat-obatan akan menimbulkan ketergantungan terhadap efek penghilang nyeri dan pasti nimbulin efek samping yang gak diinginkan.
Intinya pada saat upaya diatas udah dicoba, langsung konsultasi dan periksa ke dokter kandungan, biar gak penasaran, dan bakal dijelasin sejelas jelasnya atas keluhan kita.

1 komentar:

  1. Pas banget, ini hari pertama aku. Ku coba ya, biasanya langsung minum minuman sehat datang bulan.

    BalasHapus